KUNJUNGAN

Monday, October 6, 2014

Filled Under:

CONTOH LAPORAN DISKUSI



1.      PENDAHULUAN
a.       Latar Belakang Diskusi
   Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). Kebanyakan telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya.
    Telepon selular merupakan paduan perpaduan antara Teknologi Telepon dan Teknologi Radio. Tetapi dalam perkembangannya teknologi komputer juga masuk dengan mulus pada telepon seluler ini.
    Dewasa ini penggunaan telepon seluler banyak digunakan orang-orang diseluruh penjuru dunia termasuk di negeri kita, namun banyak orang juga yang tidak menyadari akan dampak negatif yang ditimbulkan dari penggunaan ponsel tersebut baik bagi kesehatan, moral dan pendidikan.
    Dampak negatif yang terjadi sangat berbahaya bagi para pengguna ponsel khususnya bagi para pengguna ponsel dibawah usia dan kalangan remaja, yang tentunya dapat merusak segala bidang aspek kehidupan apabila kita tidak menggunakan ponsel sesuai dengan penggunaan yang tepat dan tidak menyimpang.
    Dalam diskusi kali ini kita akan menjelaskan  lebih lengkap mengenai dampak negatif penggunaan ponsel.

b.      Tujuan Diskusi
§  Memberi penjelasan kepada semua pengguna ponsel supaya menggunakan ponsel harus pada situasi yang sesuai dan tepat.
§  Untuk mengetahui dampak negatif penggunaan ponsel dari segala bidang kehidupan.
§  Supaya para pengguna ponsel bisa mengurangi penggunaan ponsel dan tidak menyimpang dari penggunaan ponsel yang benar dan efisien.

c.       Topik atau Masalah Diskusi
§  Permasalahan mengenai dampak negatif yang ditimbulkan apabila menggunakan ponsel tidak dalam kondisi yang sesuai dan efisien, serta dalam durasi yang panjang.
§  Dampak negatif yang terjadi pada pengguna ponsel dari bidang kesehatan, moral dan pendidikan.
d.      Waktu dan Tempat
Waktu      : Sabtu, 16 September 2012
Pukul       :10.00-10.45 WIB
Tempat    : Ruangan kelas 12 IPA 5

e.       Pelaksanaan dan Peserta Diskusi
Pelaksanaan Diskusi   : Sabtu, 16 September 2012
Peserta diskusi           : Peserta yang hadir dalam diskusi sebanyak 29 siswa.
v  Putra : 10 orang
v  Putri : 26 orang

2.        HASIL DISKUSI
a.         Pokok-pokok Materi Sajian Diskusi
            Dampak Negatif Penggunaan Ponsel pada  Anak-anak
Pengunaan ponsel pada anak-anak sangat berpengaruh pada segala aspek, apabila penggunaan ponsel tersebut tidak diimbangi oleh bimbingan orang dewasa. Orang dewasa dalam hal ini adalah orang yang memiliki pengetahuan lebih tentang baik buruknya, positif negatifnya pengaruh ponsel pada anak-anak. Cakupan pengaruh penggunaan ponsel yang tanpa batas alias berlebihan dan tidak terkendali, meliputi bidang kesehatan, moral, mental juga ekonomi.
Perlu kita ketahui bahwa penggunaan ponsel pada anak dapat menimbulkan efek radiasi yang berbahaya bagi kesehatan. Misalnya yang di timbulkan oleh gelombang elektromagnetik pada ponsel dapat menyebabkan pengguna sulit tidur, pusing, telinga mendengung, dan daya tahan tubuh menurun. Bahkan dapat menimbulkan tumor dan kanker dalam jangka waktu lama.
Penggunaan ponsel juga dapat merusak mental anak. Ponsel yang canggih dengan dilengkapi berbagai future/layanan memberikan berbagai kemudahan tersebut. Sehingga nenbuat sang anak merasa dimanjakan oleh kemudahan tersebut. Akibatnya anak malas untuk berfikir karena dengan mudah mereka mencari semua yang mereka butuhkan di internet, misalnya untuk berhitung, mengerjakan laporan praktikum, sang anak hanya perlu membuka aplikasi diponsel tanpa memerlukan waktu yang lama.
Telah habis mengikis mental anak, layanan pada ponsel juga bisa mengikis moral anak-anak, jika anak membuka internet tanpa sepengetahuan orang dewasa, bisa saja mendownload gambar atau video yang kurang baik. Dari hal kecil itu bisa menjelma menjadi tindakan tercela yang mengarah pada kriminalitas.
Selain itu penggunaan ponsel dapat menjadikan anak berprilaku boros. Untuk membeli pulsa seorang anak menuntut kepada orang tua untuk memberikan uang lebih. Seorang anak bahkan mementingkan untuk membeli pulsa dari pada untuk kepentingan sekolah. Terkadang untuk berkomunikasi lama ataupun membuka internet, anak rela menghabiskan banyak uang untuk membeli pulsa.

b.        Pertanyaan-Pertanyaan, Pendapat, dan Tanggapan yang Disampaikan Oleh Peserta Diskusi

TERMIN 1

1.      Pertanyaan Pertama
·        Pertanyaan                  : Fikri Husnizal
                        Contoh pengawasan seperti apa saja yang harus dilakukan oleh orangtua dalam menangani seorang anak yang telah terkena dampak negatif ponsel tersebut?

·      Jawaban                      : Helda Lindari (Penyaji)
            Pengawasan yang perlu dilakukan orangtua meliputi:
1.      Penekanan agama, penekanan agama dilakukan meliputi moral, contohnya orangtua memberitahukan dampak  negatif dari ponsel tersebut.
2.      Orang tua setidaknya bersikap acuh tak acuh, selalu memberikan perhatian serta nasehat agar anak tidak terlalu jauh terkena dampak negatif ponsel tersebut.

·         Tambahan      : Diena Gilang Sari
Seharusnya orangtua mengecek ponsel anaktersebut secara rutin
·           Sanggahan        : Fikri Husnizal
Pengecekan secara rutin tersebut kurang efektif, selain kurang efektif juga mungkin anak sudah lebih hafal atau bisa dibilang lebih canggih sehingga anak menyembunyikan yang seharusnya diketahui oleh orang tuanya.

2.      Pertanyaan Kedua
·         Pertanyaan           : Ryan Winalda
            Apa saja ciri-ciri seorang anak yang telah terkikis mentalnya dari dampak negatif ponsel?

·         Jawaban              : Helda Lindari (Penyaji)
Adapun ciri-ciri seorang anak yang telah terkikis mentalnya antara lain:
o   Anak menjadi malas
o   Anak akan selalu ketergantungan dengan aplikasi atau fitur-fitur handpone yang serba canggih.

·         Tambahan            : Alan Supriyatna
Ciri mental anak yang sudah terkikis mentalnya antara lain adalah Autis, dimana anak tersebut menggunakan bahasa  sms atau pengetikan lebay.

·         Sanggahan            : Ryan Winalda
Dengan adanya fitur-fitur canggih tersebut bukannya anak menjadi malas, tetapi lebih mudah dalam mendapatkan informasi.

3.      Pertanyaan Ketiga 
·         Pertanyaan       : Ria Rakhma Fajriani
Apa yang harus orang tua lakukan sesudah terjadinya dampak negatif ponsel tersebut melanda?

·         Jawaban             : Helda Lindari (Penyaji)
                                 Orang tua seharusnya jangan langsung menghukumnya, tetapi memberi nasehat seperti orang tua menyarankan kepada anaknya untuk membuka situs-situs web yang lebih bermanfaat.



·         Tambahan          : Pipit Meylinda
Mengurangi penggunaan ponsel dan menerapkan sikap disiplin pada anak, maksudnya handpone tersebut hanya digunakan disaat yang perlu saja atau hal yang positif saja, seperti orang tua memberikan anak les supaya anak tersebut sibuk dengan pelajaran atau materi lesnya.

     






TERMIN 2

1.      Pertanyaan Pertama
·         Pertanyaan                          : Arni Aryani
         Fitur apa saja yang terdapat didalam handphone yang tidak merusak mental anak?

·         Jawaban                              : Helda Lindari (Penyaji)
Menurut kami fitur di handphone diciptakan untuk mempermudah pengguna bahkan semua fitur tersebut dapat bermanfaat, asalkan pengguna dapat memanfaatkan fitur-fitur dengan bijaksana.

2.     Pertanyaan Kedua
·         Pertanyaan         : Nika Karunia
Bagaimana penjelasan mengenai dampak negatif handphone dalam bidang ekonomi?

·         Jawaban `           : Helda Lindari (Penyaji)
         Untuk membeli pulsa seorang anak menuntut kepada orang tua untuk memberikan uang lebih, seorang anak bahkan mementingkan untuk membeli pulsa daripada untuk kepentingan sekolah, terkadang untuk berkomunikasi lama ataupun membuka internet anak rela menghabiskan banyak uang untuk membeli pulsa.

3.      Pertanyaan Ketiga
·         Pertanyaan         :Didit Singgih Maulana
     Jelaskan bagaimana proses pengguna handphone sehingga menyebabkan sulit tidur?
·         Jawaban             : Helda Lindari (Penyaji)
         Radiasi di ponsel dapat mengakibatkan telinga mendenging sekaligus pusing yang pada akhirnya akan mengakibatkan pengguna sulit tidur.


·         Tambahan          
*      Mira Permasih
Mungkin karena saking asyiknya smsan dan telfonan itu bisa menyebabkan sulit tidur karena yang pada awalnya ngantuk jadi tidak ngantuk.
*      Via Meiliyani
Karena terlalu sering menggunakan handphone, jadi menyebakan kepala si pengguna pusing, akibatnya dari pusing tersebut menyebabkan si pengguna jadi sulit tidur.
*      Nurul Dhie Racmanias
Mungkin karena teradiasi oleh gelombang elektromagnetik dan dampaknya mungkin  pusing dan telinganya mendenging, jadi si pengguna mengalami susah tidur.
                                

3. KESIMPULAN
a.         Kesimpulan Hasil Diskusi yang Diolah dari pokok-pokok pikiran
Pengawasan yang perlu dilakukan orangtua untuk mencegah dampak negatif dari penggunaan ponsel meliputi:
o   Penekanan agama, penekanan agama dilakukan meliputi moral, contohnya orangtua memberitahukan dampak  negatif dari ponsel tersebut. Orang tua setidaknya bersikap acuh tak acuh, selalu memberikan perhatian serta nasehat agar anak tidak terlalu jauh terkena dampak negatif ponsel tersebut.
Adapun ciri-ciri seorang anak yang telah terkikis mentalnya  karena penggunaan ponsel antara lain:
o   Anak menjadi malas
o   Anak akan selalu ketergantungan dengan aplikasi atau fitur-fitur handpone yang serba canggih.

Orang tua jangan langsung menghukum anak yang salah dalam menggunakan ponsel, tetapi memberi nasehat terlebih dahulu. Misalnya, orang tua menyarankan kepada anaknya untuk membuka situs-situs web yang lebih bermanfaat. Juga mengurangi penggunaan ponsel dan menerapkan sikap disiplin pada anak, maksudnya handpone tersebut hanya digunakan disaat yang perlu saja atau hal yang positif saja, seperti orang tua memberikan anak les supaya anak tersebut sibuk dengan pelajaran atau materi lesnya.
Fitur pada handphone diciptakan untuk mempermudah pengguna bahkan semua fitur tersebut dapat bermanfaat, asalkan pengguna dapat memanfaatkan fitur-fitur dengan bijaksana.
      Penggunaan ponsel dapat menjadikan anak berprilaku boros. Untuk membeli pulsa seorang anak menuntut kepada orang tua untuk memberikan uang lebih. Seorang anak bahkan mementingkan untuk membeli pulsa dari pada untuk kepentingan sekolah. Terkadang untuk berkomunikasi lama ataupun membuka internet, anak rela menghabiskan banyak uang untuk membeli pulsa.
      Radiasi dari ponsel dapat mengakibatkan telinga mendenging sekaligus pusing yang pada akhirnya akan mengakibatkan pengguna sulit tidur.




b.       Saran-saran
v  Diharapkan orang tua dapat mengawasi anaknya dalam penggunaan ponsel yang baik dan benar.
v  Sebaiknya menggunakan headset pada telinga kita pada saat bertelepon, untuk menjaga kesehatan telinga kita.
v  Gunakanlah ponsel sesuai dengan fungsinya.
v  Jangan terlalu lama menggunakan ponsel, karena akan merusak mata dan mengganggu waktu belajar.
v  Sebaiknya apabila anak akan diberi ponsel harus diberi arahan terlebih dahulu disertai pengawasan.


4.      LAMPIRAN
·         Narasumber yang menyampaikan pokok-pokok pikiran:
Helda Lindari
·         Moderator yang memimpin diskusi:
Siti Humairah
·         Notulis:
Nur Isna Hasanah








·         Peserta Diskusi:

SMA NEGERI 1 BANJARSARI
Jalan Raya KM.3 Banjarsari Kabupaten Ciamis
 e-mail : smansabanjarsari@yahoo.co.id
DAFTAR HADIR PESERTA DISKUSI
Selasa, 11 September 2012
No
Kelompok
Nama
Paraf
1
KONTRA
Amelia Ulfah
 1.
2
Cucu Andriyani
2.
3
Devi Novianti
 3.
4
Dian Endah Permatasari
4.
5
Dini Mardiani
 5.
6
Eva Nuraini Azizah
6.
7
Ida Meida
 7.
8
Maya Nurfitri
8.
9
Mulyani
 9.
10
Nendah Herlina
10.
11
Neng Intan Dwi A
 11.
12
Novi Astuti Dewi
12.
13
Tating Rimbayanti
 13.
14
PRO
Ade Yulianto
14.
15
Anggi Taufik Ramadan
 15.
16
Apip Sutriawan
16.
17
Ayu Lestari
 17.
18
Cucu Koniah
18.
19
Datik
 19.
20
Geri Hendrian
20.
21
Hendriana
21.
22
Kirto Kartiwan
22.
23
Manarul
 23.
24
Milki Ikrimawati
24.
25
Neng Evi Nurjanah
 25.
26
Sela Ligar Aryanti
26.
27
Sidna Kosim Amrulah
 27.
28
Sinta Rostika
28.
29
Umi Kurnia
 29.
'
Sumber: http://heldalindari.blogspot.com/2013/05/tugas-b-indonesia-laporan-diskusi.html
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

0 comments:

Post a Comment